Waktu Ideal Berkendara, Jangan Lebih dari 10 Jam

Perjalanan turing memiliki batas waktu perjalanan. Sebab, stamina pengendara juga ada batasnya. Kalau sampai melebihi limit akan membahayakan pengendara itu sendiri juga pengendara lain.

“Tidak bisa meski sudah menyiapkan diri dengan baik tetapi saat perjalanan juga tidak diatur berapa lama berjalan, istirahat dan maksimal perjalanan, maka akan berakibat buruk bagi pengendaranya,” ungkap Jusri Pulubuhu, Training Director dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Menurut pria yang bermarkas di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan ini, untuk perjalanan jauh dia menyarankan agar lama perjalanan paling lama dua jam lalu melakukan istirahat.

“Istirahatnya setengah sampai satu jam. Pastikan melakukan perjalanan tidak lebih dari 10 jam. Sebab tubuh memiliki keterbatasan yaitu jam biologis tubuh manusia. Begitu lebih dari 10 jam dia akan mengalami kepenatan yang sangat luar biasa. Oleh karena itu dia harus mengatur waktu istirahatnya,” sebut Jusri.

Apabila telah mengalami kepenatan maka akan mempengaruhi kewaspadaan, kemampuan kognitif dalam merepresentasikan bahaya. “Segala teknik yang dia ketahui saat kondisi fisik jatuh maka akan hilang semua,” kata Jusri lebih lanjut.

Pengaruh jangka pendeknya dengan kesehatan adalah stamina tubuh lebih cepat menurun, kemudian dehidrasi, karena tubuh kita selalu aktif saat berkendara. “Ini berpengaruh terhadap refleks pengendara,” papar pria yang juga gemar off-road bermotor.

Jusri lebih jauh menyebutkan jadwal perjalanan yang paling baik adalah pagi hari. Setelah sebelumnya istirahat cukup pada malam harinya. “Perjalanan jauh tidak masalah, kalau pengaturan perjalanan tepat dan ingat jangan memaksakan diri untuk terus berkendara kalau memang tubuh sudah memberi sinyal istirahat,” pesannya. (motorplus-online.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s