Tentang Komuter (1)

Komuter atau melaju adalah kegiatan transportasi rutin yang menghubungkan dua tempat berbeda dalam jarak yang relatif jauh. Sebenarnya tidak ada definisi yang fix untuk mendiskripsikan apa itu komuter atau melaju. Tapi yang jelas kegiatan ini sangat jamak dilakukan oleh manusia. Komuter dilakukan sehari-hari dengan pola perjalanan pergi-pulang dari tempat tinggal. Tujuannya bisa tempat kerja, kuliah/sekolah atau tempat lain sesuai alasan masing-masing. 

Komuter di beberapa daerah menikmati layanan transportasi umum yang memadai sehingga perjalanannya relatif aman dan nyaman. Namun di Indonesia tampaknya tranportasi umum menjadi pilihan kesekian karena faktor inefisiensi dan kenyamanan yang belum mampu menyaingi kendaraan pribadi. Padahal dengan pola perjalanan jauh dan konstan setiap hari, fisik komuter sangat rentan terhadap kelelahan. Penurunan kondisi tubuh dan konsentrasi sangat berbahaya bagi perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. 

Meski demikian, fakta menunjukkan banyak sekali komuter yang menggunakan kendaraan pribadi. Selain karena efisien, fleksibel dan mudah dibeli, memakai kendaraan pribadi juga mempunyai fungsi kebanggaan: bahwa dia mampu memiliki kendaraan pribadi. 

Bagaimana dengan pengendara sepeda motor? Kemudahan mendapatkan sepeda motor melalui kredit membuat populasi komuter bersepeda motor melonjak drastis. Akibatnya jalanan penuh dengan pengguna sepeda motor yang menempuh jarak jauh dan tak jarang berkendara dengan terburu-buru. Hal ini sungguh tidak ideal dari sisi keselamatan. Tapi keberadaan mereka tidak bisa dilarang karena sama saja menghambat pergerakan orang, barang dan jasa yang artinya menghambat laju ekonomi. Solusi transportasi massal yang murah dan efisien dipadukan dengan jalur pedestrian dan sepeda boleh juga untuk dipertimbangkan. 

(bersambung)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s