Setel Rem Combi Brake System, Bisa Depan-Belakang

Ketika mengaplikasi fitur rem Combi Brake System (CBS), sobat enggak perlu bingung buat penyetelan toleransi. Ya, seperti di Honda Vario 125 PGM-FI CBS atau Honda BeAT PGM-FI CBS. Selain merujuk ke bengkel resmi terdekat, hal itu pun bisa dilakukan sendiri di rumah tuh.

“Untuk penyetelan toleransi, bisa dilakukan melalui baut setelan rem di rem depan atau rem belakang,” sebut Abdul Rohim dari bengkel AHASS HTML Motor di daerah Kp. Sawah, Ciputat, Tangerang.

Untuk bagian depan, sobat kudu buka cover setang terlebih dahulu. Setelah itu, cari baut setelan yang ada di bagian master rem depan. Tepatnya, di bagian bawah.

“Baut ini bisa diputar agar rem belakang bergerak lebih maju lagi dan membuat rem semakin pakem,” ungkap Boim, sapaan akrab Rohim sembari bilang untuk torsi pengencangan baut ini sekitar 6,4 N.m (0,7 kgf.m).

Sedang untuk penyetelan melalui tuas rem belakang, sobat tinggal memutar baut setelan yang ada di tuas rem di teromol. Semakin diputar ke bagian dalam, rem akan semakin pakem.

“Jarak main atau toleransi tuas rem sekitar 10 – 20 mm. Itu diukur dari keadaan bebas hingga tuas ditarik untuk pengereman,” saran Boim lagi.

Oh ya, ada batasan untuk penggantian cakram depan nih. Standarnya, cakram memiliki tebal 3,3 – 3,7 mm. Jika ketebalannya hanya menyisakan 3,0 mm, sebaiknya lakukan penggantian.(motorplus-online.com) 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s